Responsive Banner design
Home » , » Sejarah Perkembangan Musik Indonesia

Sejarah Perkembangan Musik Indonesia

Siapa bilang pakar seo medan selalu bahas trik seo mulu, sesekali kita bahas musik ya biar santai sejenak hehehe. Membahas sejarah perkembangan musik di Indonesia tak ubahnya seperti menyimak serpihan sejarah yang terserak. Sebab termasuk tak banyak yang mendokumentasikannya dengan baik. Sehingga perlu usaha lebih keras untuk mengetahui bagaimana perkembangan musik di Indonesia dari masa ke masa.

Misalnya saja kalau kita mau memulainya dari tahun 1970-an, di masa itu merupakan era dari Koes Plus. Sejumlah lagunya nge-hits dan seolah menjadi rapalan wajib bagi setiap orang di masa itu.

Kemudian menginjak di tahun 1980-an, musik Indonesia didominasi oleh lagu pop dengan irama yang mendayu-dayu. Sejumlah nama musisi seperti Obbie Messakh dan Rinto Harahap adalah yang banyak dielu-elukan.

Kalau diperhatikan nada lagu pop di masa itu cenderung cengeng dengan tema lagu umumnya tentang patah hati. Beberapa nama penyanyi yang melambung namanya di era tersebut seperti Betharia Sonata, Nia Daniaty, dan Iis Sugianto.

Namun ada model lagu lainnya yang juga cukup bisa bersaing dengan model pop Betharia Sonata itu. yaitu lagi-lagu dari Ebiet G Ade yang mulai kondang. Ada juga aliran pop kreatif seperti contohnya lagu 'Burung Camar' yang dinyanyikan Vina Panduwinata. Lagu ini pun meledak dan disukai banyak orang.



Kemudian di era 1990-an, skena musik Indonesia mulai mengalami perubahan. Era bagi lagu-lagu cengeng beralih ke pop dangdut. Paduan antara musik pop dan dangdut ini banyak digemari di masa itu seperti terbukti dengan lagu 'Gantengnya Pacarku' yang dibawakan oleh Nini Karlina. 

Namun sebetulnya tak hanya itu. Kalau kita mau melihat lebih dalam mengenai skena musik Indonesia di era 1990-an itu mulai muncul rap. Rapper seperti Blake, Black Skin, Boyz Got No Brain dan Coro membawakan lagu-lagu yang bisa menjadi alternatif. Cukup untuk memberikan warna baru dalam blantika musik Indonesia.

Lalu pada akhir 1990-an itu juga mulai muncul musik alternatif. Band seperti Netral, Kubik, Koil, Pure Saturday berada di jajaran ini. Mereka mampu memberikan sentuhan baru bagi telinga penikmat musik.

Untuk musik pop punk maupun punk rock makin berkibar di era 2000-an. Nama band seperti Superman is Dead, Shaggy Dog, Rocket Rockers adalah punggawa musik aliran itu.

Lalu juga menarik disimak scene elektronik mulai mendapat tempatnya di era tahun 2000-an. Eksperimen suara yang keren dilakukan oleh musisi maupun DJ seperti Agrikulture, Andezzz, hingga Goodnight Electric.

Memang kalau diamati perkembangan musik di Indonesia ini memang cukup menarik. Berbagai genre memberikan sumbangsihnya bagi pecinta musik di tanah air.

Bagi yang suka musik mungkin juga tak akan ketinggalan untuk mengkoleksi lagu-lagu dari band favoritnya. Sebagai bukti kecintaan atas band tersebut.

Selain itu bergabung dengan website maupun situs yang menjadi wadah bagi pecinta musik bisa jadi pilihan. Seperti di website GoAheadPeople.com itu kamu bukan saja bisa mnenyimak informasi musik keren, tapi sekaligus bisa unjuk gigi untuk menampilkan karya musikmu.

Banyak project yang bisa kamu ikuti. Tentu tidak hanya di bidang musik, tapi juga visual art, fotografi hingga fashion style. Wadah seperti GoAheadpeople.com ini penting agar kamu mendapat saluran yang tepat untuk menyalurkan hobi dan bakatmu itu.

Memang mendapat saluran yang tepat itu penting agar kamu bisa beraktualisasi sejak dini. Siapa tahu juga karya-karyamu ini ada yang lirik. Seperti kapan hari itu dalam ajang Go Ahead People, para juaranya diterbangkan ke Belanda untuk bisa tampil di sana.

Anak muda memang harus rajin berkarya. Dan tentu menyalurkan karyanya itu lewat saluran yang tepat agar karya yang dibuat bisa mendapat apresiasi yang layak.

0 komentar: