• Hindari 6 Poin Ini Agar Tidak Gagal dalam Bisnis Online

    Gagal Bisnis Online

    Gagal Bisnis Online - Pebisnis sejati sebenarnya tidak perlu takut akan namanya kegagalan. Ini perlu ditanamkan untuk memiliki mental siap gagal. Namun bukan berarti tidak boleh membuat perencanaan agar bisnis yang dijalankan terhindar dari namanya kegagalan.

    Pemikiran tersebut berlaku untuk bisnis yang dijalankan secara offline maupun online. Berhubung judul tulisan kali ini lebih menitikberatkan tentang bisnis online, maka yang diperjelas informasinya adalah cara agar terhindar dari kegagalan berbisnis online.

    Berdasarkan dari berbagai sumber, ada 6 poin penting untuk diketahui sebelum memulai bisnis online. Tujuannya agar keenam poin tersebut nantinya jadi semacam pedoman untuk tidak dilakukan. Berikut keenam poin yang bisa membantu agar tidak gagal berbisnis online.

    1. Minimnya investasi modal

    Besaran Modal yang maksudkan disini adalah modal yang harus kita sediakan seiring dengan berkembangnya usaha kita. Modal diawal ketika kita baru membangun bisnis online kita memang tidak terlalu besar.

    Dalam proses untuk membesarkan nama Blog kita, kita sudah mulai dituntut keberanian, kejelian serta perhitungan yang mateng. Misalnya menambah modal untuk biaya iklan. memang kita bisa membesarkan blog kita dengan ilmu seo, jika perhitungan kita akan mendapatakan keuntungan dengan memadukan ilmu seo dan pasang iklan, kenapa tidak.

    Bukankah yang kita cari adalah profit yang sebesar-besarnya dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Yakinlah anda budget iklan yang kita keluarkan tidak akan terlalu besar jika kita iringi dengan promosi pakai seo dibandingkan dengan murni memasang iklan untuk membesarkan nama blog kita.

    Disamping itu, investasi tambahan modal juga diperlukan untuk penyempurnaan pelayanan kita kepada konsumen, mulai dari penerimaan order hingga pengirimannya. Nah, biaya biaya seperti ini kita keluarkan biasanya sebelum website kita menghasilkan.

    Inilah yang maksud. Belum lagi ketika bisnis toko online anda rame pembelinya. Anda harus berani menambah jumlah stok. Jika anda takut menginvestasikan modal untuk menambah jumlah stok akan sangat beresiko dan bisa kehilangan pelanggan.

    Jadi, yang dimaksud modal bisnis toko online lebih kecil dari toko offline adalah modal keseluruhannya. Mulai dari persiapan toko, tempat strategis, biaya promosi, gaji karyawan dan biaya tak terduga lainnya, setelah ditotal jumlah seluruhnya akan lebih kecil nilainya untuk membangun bisnis toko online dibanding toko offline.

    2. Banyak Pesaing sejenis

    Internet memudahkan setiap orang untuk membuat bisnis toko online terpercaya ini, bahkan dengan sedikit pengetahuan dapat memulai bisnis ini. Dampak buruknya karena kemudahan tersebut akan menimbulkan banyak kompetitor atau pesaing.

    Ini kompetitor yang setaraf dengan kita. kompetitor besar seperti Lazada, bhinneka, tokopedia, bukalapak, blibli dan lain lain tidak kita hitung kompetitor karena mustahil mengalahkan mereka. Mereka adalah skala perusahaan.

    Sedikit tips Jika Anda ingin terjun di bisnis jual beli online, jualah produk yang unik dan sedikit terdapat persaingan, temukan niche tersendiri untuk toko online Anda sehingga anda bisa membangun bisnis toko online terpercaya.

    3. Situs Blog yang Buruk sehingga trafic rendah

    Dalam setiap postingan, sering tuliskan bahwa induk dari segala jenis bisnis online adalah blog yang profesional. Sehingga jika anda mau terjun dibisnis online sebaiknya memahami terlebih dahulu bagaimana cara membuat blog atau website yang baik dan profesional.

    Termasuk juga bisnis toko online, akan lebih mudah mengoperasikannya dan memeliharanya jika anda mengerti dan faham terlebih dahulu tentang Blog. Namun jika tidak mempunyai waktu yang cukup untuk memahaminya, boleh juga memakai jasa orang yang ahli mengenai hal tersebut.

    Sebuah blog toko online yang ingin sukses haruslah mempunyai tampilan yang modern, aman, multi fungsi dengan fitur pencarian yang mudah, dapat beradaptasi dengan perangkat mobile, dan mempunyai akses yang cepat.

    Lalu lintas atau traffic website dapat diibaratkan sebagai aliran pembeli masuk dan keluar dari toko online anda. Jika anda ingin mendapatkan penjualan, tentu anda memerlukan lalu lintas. Lalu lintas pengunjung yang ramai pada suatu websitepun dapat dijadikan indikator dalam membangun bisnis toko online terpercaya.

    Sebuah cara cepat untuk mendapatkan lalu lintas adalah dengan memasang iklan pay-per-klik tentu dengan biaya yang mahal. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengarahkan lalu lintas melalui optimasi SEO atau optimasi konten, media sosial, video, forum atau juga membuat toko online di berbagai marketplace untuk membantu kesuksesan bisnis toko onlie anda.

    4. Foto Produk yang kurang maksimal alias buruk

    Dalam bisnis toko online, mustahil pelanggan kita dapat menyentuh produk yang kita tawarkan. Meeka hanya dapat melihat produk yang kita tawarkan melalui gambar atau foto yang kita upload ke blog kita. Jika tampilan foto atau gambarnya buruk maka pelanggan pasti akan terganggu, ragu-ragu dan akhirnya tidak jadi beli.

    Jadi, sebelum dipubliksikan cek terlebih dahulu hasil foto produk yang kita upload tersebut. Jika menurut kita kurang bagus jangan dipaksakan untuk dipublikasikan, lebih baik dibenahi dahulu.

    Dengan foto yang baik akan dapat mewujudkan cita-cita kita untuk sukses membangun bisnis toko online terpercaya.

    5. Kurang Sabar dan kurang fokus

    Inilah masalah terbesar bagi calon-calon pebisnis online, memang sangat sulit untuk sabar dan fokus itu. Sabar dalam berproses untuk sukses dan sabar untuk meyakini bahwa produk yang telah kita pilih ini adalah yang terbaik.

    Ketika menghadapi lamanya proses untuk terjadinya jual beli, jangan mikir yang macem-macem, tapi teruslah belajar menganalisa dimana letak kekurangannya sambil diiringi dengan kesabarannya. Sabar dan fokuslah untuk membangun bisnis toko online terpercaya.

    Ikutilah komunitas pebisnis online. Agar anda bisa bertukar fikiran dengan sesama pelaku bisnis online tentang masalah yang anda hadapi. Siapa tahu mereka telah lebih dahulu mengalaminya dan sukses mengatasinya sehingga anda tinggal mencontek saja atau bertanya kepada orang yang kita anggap sudah mengerti dan faham tentang seluk beluk dunia bisnis toko online.

    6. Kurang dipercaya oleh konsumen akibat kurang komunikasi

    Inilah penyebab yang paling fatal dan harus kita hindari. Sia-sia sudah kerja keras kita membangun blog toko online jika dipuncak perjuangan kita gagal memberikan hal yang terbaik kepada konsumen kita.

    Ini berarti kita gagal total dalam menciptakan bisnis toko online terpercaya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Bisa dari investasi modal yang kita tanamkan karena perhitungan yang terlalu hati-hati, membuat kita terlalu sedikit menyetok barang dagangan kita sehingga tidak bisa mengantisipasi adanya lonjakan permintaan dari konsumen.

    Bisa juga berasal dari pelayanan yang kurang memuaskan. akibat packing yang kurang baik membuat konsumen kecewa. Dan hal yang tak kalah pentingnya adalah menjalin hubungan baik dengan pihak ekspedisi, sehingga jika ada masalah terhadap pengiriman, kita cepat diinformasikan.

    Diharapkan dengan mengetahui apa yang sudah saya informasikan di atas, minimal bisa menambah wawasan buat pembaca. 

    oh ya, untuk kali ini tulisa mengenai agar tidak mengalami gagal bisnis online bukan murni hasil pemikiran saya ya. Jadi jika ada kesamaan dengan blog lain ya bisa jadi sumbernya sama. terima kasih.
  • Pesan Jasa SEO Sekarang

    Tidak perlu mikir panjang lagi, segera hubungi kami untuk konsultasikan serta mendapatkan penawaran harga jasa seo murah berkualitas bergaransi terbaik dari master ahli pakar seo.

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Kelurahan

    Pulo Brayan Medan Barat

    Email

    sifajran@gmail.com

    Telepon

    0616621432

    Mobile

    082369155314