Bahan Masker Kain Terbaik - Mungkin kain Oxford tak banyak oleh kalangan umum, tapi sebenarnya bahan ini banyak kita temukan dalam aktivitas keseharian. Bahan ini banyak dipakai dalam pembuatan seragam PDH atau seragam kantor. Selain itu juga banyak dipakai dalam produksi salah satu barang wajib pakai selama pandemi, ya benar, masker.

Karena kebutuhan masker sebagai perlindungan dari virus hampir setiap saat kita beraktivitas, masker kain menjadi banyak dicari. Bukan karena harganya yang lebih ekonomis dibanding masker sekali pakai, tapi juga dari sisi model. Bagi orang-orang yang memperhatikan penampilan, memakai masker kain yang serasi dengan pakaian, bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Meskipun sudah menjadi hal yang umum, bukan berarti sembarang kain bisa digunakan untuk pembuatan masker. Karena kain harus memenuhi standar tertentu untuk bisa dikatakan layak sebagai bahan masker. Termasuk kain Oxford, juga memiliki karakteristik yang membuatnya banyak direkomendasikan. 

Apa saja kelebihan dari kain satu ini? Simak lebih lengkapnya di bawah ini!

Waterproof

bahan-untuk-masker-kain


Standar pertama suatu kain layak untuk dijadikan sebagai masker adalah tahan air. Karena sebagaimana kita ketahui, bahwa virus Covid-19 yang saat ini melanda, menular melalui droplet (tetesan air). Sehingga masker kain yang baik adalah yang dibuat dari bahan waterproof, supaya mampu menahan droplet dari lingkungan.

Kain Oxford menjadi bahan yang banyak dipakai dan direkomendasikan karena kelebihannya yang waterproof. Kain ini bisa menahan droplet dengan baik dan dalam proses produksinya didukung dengan teknologi Achroma. Sehingga kain ini juga bebas dari bakteri dan semakin layak untuk dijadikan sebagai masker. 

Tidak Menyulitkan Pernapasan

bahan-masker-kain

Hal berikutnya yang juga menjadi standar dalam pembuatan masker kain adalah tidak menyulitkan pemakai untuk bernapas. Bayangkan saja betapa mengganggunya, jika masker yang kita pakai hampir sehari penuh membuat kita sulit bernapas. Memang benar terhindar dari virus, tapi juga beresiko membuat otak kekurangan asupan oksigen bahkan hingga pingsan. 

Karakter tersebut juga dimiliki oleh kain Oxford. Meskipun kain ini memiliki tingkat kerapatan serat yang cukup tinggi, tapi tetap memudahkan sirkulasi udara. Sehingga saat Anda mengenakan kain dengan bahan ini, tidak perlu khawatir kesulitan bernapas. 

Tidak Mudah Berubah Bentuk

bahan-terbaik-untuk-masker-kain


Poin selanjutnya yang juga menjadi standar masker kain adalah tidak elastis dan tidak berubah bentuk. Karena dengan sifat kain yang elastis, akan membuatnya jalinan seratnya menjadi renggang saat dipakai. Sehingga pada akhirnya kemampuan masker untuk memfilter virus menjadi semakin rendah. 

Selain itu masker juga seharusnya tidak mudah berubah bentuk meskipun dicuci berkali-kali. Itulah mengapa kain Oxford lebih direkomendasikan dibanding kain lainnya, karena bentuknya tidak mudah berubah. Serat kain terjalin dengan kuat, terutama karena dibuat dari campuran katun dan polyester. Jadi bentuknya akan tetap terjaga meskipun dicuci berkali-kali dan pada akhirnya akan menjadi awet. 

Memiliki Beberapa Lapis

bahan-masker-kain-terbaik

Masker kain yang baik dibentuk menjadi beberapa lapis menggunakan jenis kain yang berbeda. Karena bagian depan idealnya berfungsi sebagai penahan droplet, sedangkan bagian dalam berfungsi untuk menyerap droplet yang keluar dari pemakai. Itulah mengapa bahan kain Oxford biasanya dikombinasikan dengan bahan lain. 

Bahan Oxford bisa digunakan pada bagian luar, karena karakternya mampu menahan droplet. Sedangkan untuk bagian dalam bisa memakai jenis kain yang lebih menyerap keringat, misal seperti kain Golden Mella atau kain katun yang komposisi kapasnya lebih besar. 

Itulah beberapa alasan kenapa kain Oxford menjadi bahan masker kain terbaik yang banyak dipakai dan direkomendasikan untuk pembuatan masker kain. Tentu saja ada banyak jenis bahan Oxford yang bisa Anda temukan di pasaran. Sehingga jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penjual kain supaya Anda bisa mendapatkan kain dengan kualitas yang tepat. Terima kasih telah membaca artikel pada blog Konsultan SEO Fajran Rachman, semoga bermanfaat.